Sabtu, 14 April 2012

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Sekarang ini banyak perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan konsumen agar membeli produk yang dihasilkan..Perusahaan yang tidak mencapai sasaranya banyak disebabkan oleh kurang tepatnya strategi pemasaran yang digunakanya. Berhasil atau tidaknya perusahaan sangat ditentukan bagaimana cara yang dikembangkan oleh perusahaan untuk dapat bersaing dalam merebut konsumen dalam penerapan strategi pemasaran yang efektif. Apabila strategi yang tidak dapat dilaksanakan dengan baik maka pelaksanaan yang baik pun tidak memberikan hasil yang memuaskan seperti yang kita harapkan. Penentuan strategi ini sangat erat hubunganya dengan tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan serta sangat menentukan dalam pemilihan taktik yang digunakan untuk melaksanakan strategi pemasaran tersebut agar tujuan perusahaan tercapai. Secara umum tujuan dari perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimum sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Pernerapan strategi pemasaran dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam kinerja perusahaan yang bersangkutan, sebab dalam penerapanya posisi perusahaan dipasar potensial sangat dipengaruhi oleh berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini juga merupakan sumber dana bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk terus berkembang baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Perusahaan yang bermutu tinggi dengan harga yang sama dengan pesaingnya tidak diragukan lagi untuk mengalahkan pesaingnya yang kurang berorientasi pada pelayanan. Bila perusahaan jasa tersebut mengalami perubahaan di bidang harga maka secara langsung perusahaan tersebut memberitahukan perubahaan itu kepada klien-klienya. Berdasarkan hal tersebut diatas maka penulis ingin mengetahui lebih lanjut sejauh mana strategi pemasaran dalam meningkatkan dan memajukan usaha khusunya pada PT.COLUMBIA yang kan dibahas dalam bentuk penulisan ilmiah dengan judul :“ STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN soto ayam” 1.2Rumusan Masalah dan Batasan Masalah Bahwa strategi pemasaran suatu perusahaan perlu dikaji mengingatmasalah perusahaan sangat menentukan kelangsungan perusahaan yaitu: 1. Bagaimana strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT.COLUMBIA 2. Sejauh manakah peranan strategi pemasaran terhadap volume penjualan. Demikianlah penulis menetapkan perumusan masalah dengan tujuan agar dalam usaha pemecahannya nanti dapat lebih jelas dan singkat. Ruang lingkup penelitian penulis lakukan terbatas dengan menggunakan data pada tahun 2000. dengan penyajian informasi strategi pemasaran produk pada PT.COLUMBIA yang meliputi 4P,yaitu: Produk,Harga,Saluran distribusi dan strategi promosi dalam meningkatkan usahanya. 1.2 Tujuan Penulisan Tujuan dari penelitian karya ilmiah ini adalah untuk mengumpulkan data-data sebagai bahan penulisan ilmiah, yaitu : 1. Untuk mengetahui strategi pemesaran yang digunakan PT.COLUMBIA. 2. Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan volume penjualan yang diterapkan oleh PT. COLUMBIA 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan 1.3 Metode Penulisan Dalam pengumpulan data untuk penyusunan penulisan ilmiah penulis menggunakan cara sebagai berikut: 1. Studi kepustakaan Yang meliputi daftar bacaan yang menjadi sumber inspirasi dalam melakukan penulisan ini. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperdalam teori yang ada kaitanya dengan pokok-pokok pembahasan dan permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan membaca buku,majalah, dan sebagainya. 2. Studi Lapangan Dalam hal ini penulis mengadakan penelitian langsung di PT.COLUMBIA adapun teknik pengumpulan data yang digunakan : a. Wawancara,ini diperlukan dalam rangka melengkapi data dengan mengajukan pertanyaan kepada Manajer Pemasaran dan Karyawan PT.COLUMBIA. b. Observasi,yaitu pengamatan secara langsung untuk melengkapi data yang dibutuhkan terhadap objek penelitian

0 komentar:

Posting Komentar